Jumat, 10 Januari 2014

Hati-hati Dengan Bahaya Penyakit Degeneratif di Usia Dini

REP | 03 September 2013 | 09:30 Dibaca: 620   Komentar: 0   0
Saat ini, penyakit degeneratif sedang hangat dibicarakan oleh semua orang. Namuan, tahukan sobat apakah sebenarnya penyakit degeneratif itu?. Menurut istilah kedokteran, penyakit degeneratif adalah suatu penyakit yang muncul akibat kemunduran dari fungsi sel di tubuh kita dari keadaan normal menjadi lebih buruk yang diakibatkan oleh asupan makanan yang kurang sehat. Banyak sekali penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit degeneratif, beberapa diantaranya adalah penyakit jantung koroner, obesitas, stroke, diabetes melitus atau kencing manis dan sebagainya.
Di jaman yang serba mudah dan instant ini sering kali kita jumpai makanan atau jajanan yang dijual bebas di pasaran yang bisa dibeli dengan mudah dan terjangkau sehingga siapapun bisa menikmatinya mulai dari usia anak-anak sampai dewasa. Meningkatnya taraf hidup masyarakat sehingga merubah gaya hidup  juga menjadi faktor lain yang memicu terjadinya penyakit degeneratif diusia dini. Gaya hidup yang kurang baik, memakan makanan yang kurang sehat seperti junk food tentu saja bisa menyebabkan kasus penyakit degeneratif seperti obesitas, serangan jantung maupun diabetes semakin meningkat setiap tahunnya di negeri kita tercinta ini.
Menurut penelitian di WHO, jumlah penderita penyakit degeneratif saat ini di dunia telah mencapai lebih dari satu milyar orang dan akan bertambah setiap tahunnya dan penyakit jantung koroner atau sering disebut dengan serangan jantung mendadak telah menjadi pembunuh nomor satu di dunia.
Namun sobat tidak perlu khawatir, ada beberapa langkah mudah yang bisa membantu sobat n untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif ini.
1. Makan makanan yang sehat
Kurangi memakan makanan junk food, makanan yang kurang sehat seperti goreng-gorengan dan sebagainya. Biasakan untuk makan makanan bergizi seperti karboidrat yang cukup, vitamin, mineral, protein, zat besi dan susu sehingga kebutuhan nutrisi bagi tubuh kita bisa terpenuhi secara baik.
2. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau minyak
Lemak hewani memang dibutuhkan bagi tubuh kita namun jumlahnya tidak terlalu berlebihan. Usahakan untuk mengkonsumsi ikan, karena ikan mengandung asam omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh kita.
3. Minum air putih secukupnya
air sangat penting bagi tubuh kita, karena menjaga vigoritas sel tubuh. Jika anda minum, usahakan meminum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas sehari dan kurangi minuman beralkohol, bersoda atau minuman yang mengandung gula, karena minuman yang mengandung gula bisa menambah asupan kalori di tubuh kita.
4. Biasakan berolahraga
Segera biasakan anak atau keluarga untuk berolahraga, seperti lari pagi atau jogging, bersepeda maupun aktifitas lain yang mengeluarkan keringat. Kurangi bermalas-malasan atau sering tidur ketika akhir pekan karena bisa memicu kegemukan.

Baca selengkapnya disini

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates