Jumat, 10 Januari 2014

PERTUMBUHAN JASAD RENIK

5.1      PENDAHULUAN
Pertumbuhan dapat didefinisikan sebagai pertambahan secara teratur semua komponen di dalam sel hidup.
  1. 1.    Pada Organisme Multiseluler
Adalah peningkatan jumlah sel  per organisme, dimana ukuran sel menjadi besar.
  1. 2.    Pada Organisme Uniseluler
Adalah pertambahan jumlah sel, yang berarti juga pertambahan jumlah organisme, misalnya pertumbuhan yang terjadi pada suatu kultur mikroorganisme.
  1. 3.    Pada Organisme Soenositik/Aseluler
Selama pertumbuhan, ukuran sel menjadi bertambah besar tetapi tidak terjadi pembelahan sel.
Pertumbuhan disebut dalam keadaan keseimbangan jika terjadi secara teratur dalam keadaan konstan, sehingga jumlah pertambahan komponen kimia juga konstan. Sebagai contoh pertambahan jumlah masa sel sebanyak dua kali dalam keadaan keseimbangan akan mengakibatkan pertambahan jumlah komponen sel seperti air, protein, RNA, DNA dan sebagainya sebanyak dua kali pula.
Umur sel ditentukan segera setelah proses pembelahan sel selesai, sedangkan umur kultur ditentukan dari waktu atau lamanya inkubasi. Ukuran sel tergantung dari kecepatan pertumbuhannya. Semakin baik zat nutrisi di dalam substrat tempat tumbuhnya, mengakibatkan pertumbuhan sel semakin cepat dan ukuran sel semakin besar. Pertumbuhan sel bakteri, kapang dan khamir akan dibahas pada masing-masing bab mengenai bakteri, kapang dan khamir.

5.2      KURVA PERTUMBUHAN JASAD RENIK

Jika suatu bakteri mempunyai waktu generasi 20 menit, berarti satu sel bakteri tersebut akan memperbanyak diri menjadi dua sel dalam waktu 20 menit. Jika sel tersebut diinkubasikan dalam suatu medium pada kondisi yang optimum untuk pertumbuhannya, maka dalam waktu 48 jam, sel tersebut akan mengalami pembelahan sebanyak 48 (60)/20 kali atau 144 generasi. Jumlah sel setelah 48 jam secara teoritis akan mencapai 2144 sel. Jika setiap sel mempunyai berat 1012 g, maka secara teoritis berat seluruh sel setelah 48 jam akan mencapai 2144 x 1012 g atau 2.2 x 1031 g, atau sama dengan 4000 kali berat bumi. Tetapi pada kenyataannya perkembangan jasad renik tidak terjadi demikian, karena tidak semua sel yang terbentuk akan terus hidup.

Selanjutnya silahkan lihat disini

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates