Jumat, 10 Januari 2014

Penyebab Penyakit degneratif

Penyakit degeneratif merupakan penyakit kronik menahun yang banyak mempengaruhi kualitas hidup serta produktifitas seseorang. Penyakit-penyakit degeneratif tersebut antara lain penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) termasuk hipertensi, diabetes mellitus dan kanker. (Brunner & Suddarth, 2002)
Menurut WHO (2001) untuk mengurangi faktor-faktor risiko terjadinya penyakit degeneratif seperti obesitas, hipertensi, kolestrol tinggi, kebiasaan menkonsumsi alkohol dan merokok adalah dengan cara promosi hidup sehat. Pada beberapa negara, penyakit kronis secara terus menerus mendominasi baik pada kelompok pendapatan rendah, sedang dan pendapatan tinggi. Prevalensi menjadi meningkat terutama pada negara yang sedang berkembang dan negara miskin. Penyebab utama hal ini adalah perubahan kebiasaan makan dan gaya hidup, keturunan serta penggunaan tembakau di seluruh dunia.
Salah satu penyakit degeneratif yang banyak terjadi dan yang mempunyai tingkat mortilitas yang cukup tinggi serta mempengaruhi kualitas hidup dan produktifitas seseorang salah satunya adalah penyakit hipertensi. Yang dimaksud Hipertensi adalah suatu keadaan dimana dijumpai tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg atau lebih untuk usia 13 – 50 tahun dan 2 tekanan darah mencapai 160/95 mmHg untuk usia di atas 50 tahun. Dan harus dilakukan pengukuran tekanan darah minimal sebanyak dua kali untuk lebih
memastikan keadaan tersebut. (WHO, 2001)

Baca selengkapnya disini

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates